Saturday, January 22, 2011

Ga tau mau dikasih judul apa

Kayaknya dulu kan suka pada nulis2 post ala surat gitu kan, yang kayak gini nih :

To Ria : berjuang terus yaaaa!!!!

To Icha : aku cinta kamu Icha!!!!!

To Daphne : maju terus statistiknyaaa....

Ya, tipe2 kayak gitu deh. Sumpah, gw sebenernya ga cocok banget surat2an gini, bukan gw banget gitu lho, ngomong2 ayo semangat, ayo semangat, chayo, chayo....yahhhh udah pada taulah ya, gw udah muak sama perjuangan2 gitu, secara gw hidup di negeri gila perjuangan number one di dunia, yang anak umur 3 taun aja udah dicekokin filosofi gambare alias ayo berjuaaaaaaang!!!!!

*Kata2 favorit Joanna kalo gw lagi ngos2an ngayuh sepeda : Mama, gambare, gambare, gambare!
*Kata2 favorit Joanna pas James beres bikin kare rice : Mama, Papa kare raisu gambarimashita
*Kata2 favorit Joanna pas Joanna lagi ngocok2 adonan pancake : Joanna, gambare, Joanna faitoooo!!!!!

Yang kalo diterjemahkan, tiga kalimat itu artinya adalah :
1. Mama, ayo berjuang, berjuang, berjuang! (menyemangati gw yang bonceng nih anak naik sepeda, berat banget, ngelewatin tanjakan)
2. Mama, Papa telah berjuang membuat kare rice (lapor kalo bapaknya berjuang banget bikin kare rice, hari itu gw pulang jam setengah tujuh malam)
3. Joanna, ayo berjuang, ayo fight! (menyemangati diri sendiri yang lagi ngocok adonan pancake)

Please deh, untuk hal paling kecil yang keliatannya remeh temeh kayak ngebonceng anak naik sepeda aja, mesti ada unsur gambarenya. Gw rasa, pup keras ga keluar2 trus diem di WC setengah jam'an juga, kalo pake filosofi jepang mah, pasti diteriakin : pup gambareeeeee!!!!!

Jadi no wonder kan, gw paling malessssss sama itu kata : berjuang, gambare, chayo, dan sejenisnya itu.

Tapi yang paling pahit adalah : emang orang Jepang nih bener, mereka mengemukakan fakta. Hidup emang bukan hidup kalo ga berhadapan dengan itu tuh yang namanya perjuangan. Mau males2 kayak gimana juga, tetap ajalah ya, males aja teruuuus, tapi keadaan kan ngga akan berubah dengan males2an, waktu terus berjalan dengan kejam. Udah pernah gw simpulkan kan (dan gw yakin kesimpulan gw bener), waktu tuh adalah hal paling kejam di dunia, lebih kejam daripada ibu tiri! Ya iyalah ya, mau kita lagi semangat, mau kita lagi down, tetap aja waktu ga bersahabat, dia akan terus berjalan tegak dengan sadisnya.

Gw tadi baru baca tuh postingan2 kalian yang terbaru. Ya ngga tau juga deh ya gw, apa aja masalah yang sedang kalian hadapi, tapi namanya masalah, pasti nyebelin, tul ga? Dan gw juga ga akan deh nasehat2in yang klise2 rese, kayak :

1. Udah, ikhlasin aja, rejeki tuh Allah yang ngatur
2. Berjuang, berjuang, berjuang teruuuuuuuuuuuuuus!!!!!
3. Mbok ya diurus dengan penuh kesabaran toh jeng, dua krucil manismu (ini untuk Ria dong ya, yang lain kan belum pada nikah n punya anak)
4. Bersyukur, bersyukur, bersyukur....kita mesti bersyukur pada Tuhan yang maha kuasa lhoooo...
5. God is good, all the time
6. Be blessed
7. Time will heal
8. If you love him, set him free (bullshit, gimana bisa, kita kan manusia, pada dasarnya egois, pingin semua jadi hak milik kita?)
9. Orang sabar disayang Tuhan (gw rasa Tuhan sayang semua orang, bukan orang sabar aja)
10. Praise Him all the time, oh kalian biduan muda mudi! (gw tau, ini kalimat yang sangat aneh)

Sengaja gw genapin nasehat klise rese ini jadi 10, biar bisa dikasih judul : Top ten nasehat klise rese yang paling males didenger pas kita lagi bete. Bukannya 10 kalimat di atas itu ngga bener, ngga, itu semua BENER BANGET, kita semua juga tau, tapi kalo itu nasehat diucapin pas kita lagi nista2nya sama hidup, ya yang ada malah pengen nimpuk orang yang ngomong kata2 ini dong? (tul ga rip, cha?)

Buseeeet, preambule gw banyak banget ya, sebenernya gw mau ngomong apa? Intinya adalah, (sorry gw sok tau) : JANGAN NYERAH biar kita kepengen nyerah. Jangan nyerah bukan berarti kita mesti semangat2 gila ngejalanin hidup pada saat kita mau tenggelam ke dasar bumi, ga usah sok kuat, ga usah sok semangat, ga usah praise the Lord puji Tuhan alhamdulilah di saat kita ngga sanggup ngucapin kata2 itu dari dasar hati kita. Kalo mau nangis sampe mata bengkak ya nangislah sepuas2nya, jika belum bisa melupakan orang yang kita cintai, ya tetaplah mencintai orang itu dengan sepenuh hati meskipun tajam berdarah2 hati ini seperti silet (percayalah, akan ada saatnya, kita bangun di suatu pagi dan mendapati, ternyata rasa cinta itu udah ga disertai lagi dengan hati berdarah2, tapi kita bisa damai tenang menerima kepatahhatian kita yang saat itu sudah tidak patah lagi), jika kita mau mellow2an dengan lagu2 mellow, ya bermellow2lah, lagu terserah mau apa aja, mau klasik, dangdut, pop, keroncong...itu tergantung selera....kalo mau mengumpat atas kesuck-an hidup, ya mengumpatlah seumpat2nya, kalau mau protes sama Tuhan, ya jujurlah, blak2an protes sama Tuhan....tapi, apapun yang kita lakukan, satu hal yang pasti : JANGAN NYERAH.

Nih gw ceritain sedikit hidup gw ya (kayaknya udah banyak yang gw ceritain ya di blog ini, boong kalo bilang cerita dikit mah). Tahun ini umur gw 33 tahun. Suami gw belum dapat kerja gw dan suami punya anak satu, yang tahun ini akan berumur 4 tahun. Gw dan keluarga mencukupi kehidupan sehari2 dari beasiswa pemerintah jepang dan di sini kita dikategorikan sebagai duafa (duafa negara maju emang taraf kehidupannya lebih baik dari duafa negara berkembang, karena duafa negara maju bisa ngerasain mandi pake shower air anget yang kalo di Indonesia tuh suatu kemewahan kan? tapi tetap aja, duafa adalah duafa, di mana pun itu tempatnya). Gw kuliah di Osaka university, dan I think I'm the dummiest di kampus itu. Hari selasa ini gw mau pre defence penelitian gw, dan ngerinya amit2, sampe tadi gw langsung pup sakit perut banget serasa kontraksi mau melahirkan (gw ga tau sih gimana rasanya kontraksi, kan gw dicesar karena takut ngelahirin normal, ngaku aja deh gw).  Ngerinya itu karena ya kayaknya yang mau gw teliti itu cemen aja, ga ilmiah, ga qualified dehhhh untuk S2, pokoknya ga keren gitu deh, trus kayaknya ga usah masuk2 S2 juga orang bisa ngomong apa yang mau gw teliti, tau deh ahhhh pokoknya garingk abis gitu. Gw udah pasrah kalo selasa prof gw bakal nyilet2 batin gw dengan omongannya yang keluar dari bibir tipisnya, gw hanya berharap gw ga cengar cengir ga jelas kalo lagi dimarahin, karena gw kan anaknya makin grogi ya makin pengen ketawa (anak yang aneh). Ohya, btw, masalah pnelitian gw itu ga jelas banget deh apaan. Gw sampe berpikir, prof pasti meragukan gw sebagai anak beasiswa mombusho. Soalnya anak beasiswa kan pinter, putra putri terbaik bangsa, hebat banget, berprestasi, dan sejenisnya...nah tapi gw ngga. Ini mah pasti gw dikira penerima beasiswa nyasar. Ya udahlah ya mau gimana lagi. Trus, beasiswa mombusho itu katanya mulai tahun ini, bakal diseleksi ketat gitu penerimanya. Kalo mau lanjutin dari S2 ke S3, kalo dulu tuh ya cuma isi2 formulir aja, mau sebego apapun kita, sekali terima beasiswa mombusho, tetap terima beasiswa mombusho. Nahhhh sekarang tuh ngga. Dari 100 persen pelamar beasiswa mombusho yang mau lanjut dari jenjang S2 ke jenjang S3 di satu universitas, setengahnya itu akan dibuang alias dipulangin ke negaranya, atau kalo yang bersangkutan mau, boleh2 aja tinggal di jepang, tapi sebagai homeless, mungkin. Ya ngeri banget dong gw, kalo ternyata gw termasuk yang ga diperpanjang beasiswanya? Padahal kan sumpah ya, sumpah pramuka, gw bener2 pengen selesai studi gw di sini dengan selamat hingga jenjang S3. Gw bukan gila gelar, tapi aduh malu banget deh gw pulang ke Indonesia tanpa gelar S3, bukannya gw mau sok2an S3, ngga sama sekali, tapi deep inside my heart, sekalipun gw tau, sangat kecil kemungkinannya, gw mau jadi scholar dalam bidang sastra jepang, dan gw tau, untuk itu ya mesti punya tuh gelar S3 (dan kredibilitas S3 juga tentunya yeee) biar bisa bacot dikit di dunia akademis. Umur gw, seperti yang gw bilang, tahun ini 33 tahun. Suami gw juga 33 tahun (kita cuma beda sebulan). Anak gw tahun ini 4 tahun. Dan, kita ga punya pijakan jelas hingga saat ini dan ga tau sampe kapan kita gini. Maksud gw, biasanya kan orang umur 33 tahun itu, kalo udah nikah, ya mulai stabil-lah keadaannya, karir juga mulai mantap, keluarga udah ada bentuknya. Nah gw dan james, boro2 deh karir, kerjaan aja kagak ada! Trus gw juga ngga tau, apakah kalo udah selesai studi gw, pulang ke Indonesia bisa ga gw n james dapat kerjaan, mengingat usia kita saat itu udah 37 tahun. Kalo mikirin itu semua, rasanya ketakutan menjalar memenuhi jiwa raga gw, dari ujung rambut sampai ujung kaki, rasanya gemetar, gw takut banget. Malem2 kalo J dan J udah tidur, gw suka diam2 melihat mereka dan berbisik dalam hati gw, "Tuhan berkati dua orang ini yang udah nemenin saya studi di Jepang. Mereka menderita karena nemenin saya, berkatilah dua orang ini, Tuhan."  Terus terang aja, gw suka ngerasa galau, bete, sirik, kalo ngeliat status2 orang di FB, yang umurnya sama dengan gw, udah berkeluarga, trus sukses2 dan liburan2 gitu. Jujur, gw ngerasa minder, nista, hina, galau. They have become something, and I'm still nothing, and I don't know, until when I'll be nothing. Jujur, ini nyiksa banget.

Mungkin kita bisa bilang, ga usah ngikutin kata masyarakat, ga usah dengerin omongan orang, kan yang jalanin hidup tuh kita. But, living in reality is not as easy as keep our eyes shut and see just what we want to see. Ketika kita menjalani gaya hidup yang ga sesuai norma yang berlaku, maka selamanya akan terjadi konflik batin dan kita akan terus terperangkap dalam konflik itu. Mungkin emang ga ada orang yang langsung ngata2in diri kita, ga ada orang yang mencerca kita, tapi sebenarnya, pribadi di dalam diri kita sendiri itu yang saling berkonflik, antara pribadi yang mau ngikutin kata hati dan antara pribadi yang udahlah ya...nurut aja sama apa kata masyarakat, ikut arus aja, ga usah jalanin hidup gaya radikal ala laskar pelangi, sok2an berjuang, sok2an idealis,  padahal butuh materi. Dan, konflik internal ini sebenernya yang paling melelahkan karena yang kita lawan kan diri sendiri, bukan orang lain. Seperti kata bokap gw : yang paling berat dalam hidup ini adalah melawan diri sendiri. Tapi jika kita bisa melawan diri kita sendiri, maka kita akan berhasil.

Ketika ngeliat orang2 seumuran gw udah pada sukses makmur gitu, sedang gw belum, gw jadi galau, ngerasa hidup gw ga ada kemajuan, gini2 aja terus. Trus gw mikir, gw bodoh banget, mau sok2an idealis perjuangin mimpi gw, liat tuh yang makan enak siapa, yang idealis atau yang ikut arus aja? paitnya adalah, yang ikut arus yang makan enak, yang idealis, ya kayak laskar pelangi : berjuang sampai kapan, ngga tau deh ya. Indah dalam pemikiran tapi pahit dalam kenyataan. Tapi trus gw mikir lagi, kalo gw ga di sini sekarang, ga ada di jepang untuk nuntut ilmu, bukannya gw akan tambah nyesel dan ngerasa kosong? kita ngerasa hidup orang lain lebih enak, tapi kalo kita ada di posisi orang itu, gimana, apakah kita akan bahagia sepenuhnya? belum tentu.

So, I decide : biar rese bener hidup ini, gw ngga akan nyerah. Seperti soundtrack laskar pelangi :

Mimpi adalah kunci, untuk kita menaklukkan dunia, berlarilah tanpa lelah, sampai engkau meraihnya
Cinta kepada hidup memberikan senyuman abadi, walau hidup kadang tak adil, tapi cinta lengkapi kita

Jadi teman-teman, JANGAN NYERAH meski kita ingin nyerah. Tabah panemuan dalam ranah kita masing2!!!

Untuk Ria : selamat menyongsong usia 30 tahun. Gw udah ga bete masalah mercure. Gw akui, gw aneh, sok banyak masalah gitu, kayak itu tuuuuh…anak yang ngerasa paling punya banyak masalah, padahal masalahnya itu2 aja (tenaaaaang, bukan para pembaca blog ini kok, hehehe)

1 comment: