Tuesday, January 25, 2011

Kronologi pre-presentasi

Alhamdulilah puji Tuhan halleluyah ya robal alamiiiiiin.....pre-presentasi gw berakhir dengan selamat hari ini. Setelah semingguan tidur ngga enak, makan pun galau, dan tiap hari berkutat terus sama data yang banyakan gw ngga ngertinya, akhirnya....untuk sesaat aku bisa bernapas lega. Ini masih pre-presentasi, defence pertama yang beneran itu ntar, tanggal 3 maret. Yang hari ini tuh lebih ke make sure sama prof pembimbing, kalo penelitian yang kita kerjain arahnya bener ga, perumusan masalahnya bener ga, bisa lanjut ga, dan mau analisisnya dengan cara apa.

Sampai kemarin sore, gw masih terus menekuni data yang sumpah banyakan ngga ngertinya daripada ngertinya...dan sama sekali belum mulai nulis. Baru setelah Joanna tidur jam 10an malam, gw mulai nyoba nulis. Macet abis, stress banget gw. Sebelumnya, sekitar jam setengah sembilan malam, gw udah norak, nangis2 ketakutan gitu, trus dengan hiperbola, dipeluk J dan J. Beneran deh, kerasa banget dukungan keluarga. Gw bukan anak yang suka dikit2 bilang aku sayang keluarga, you are the best oh honey james (ihhhh kayaknya muka james ga cocok banget diasosiasikan dengan madu!), tapi sumpah, kemarin tuh pas gw nangis2 stress, rasanya bersyukur banget gw ga sendirian dan gw bukan single alias lajang. Maksud gw, kalo lajang dan kuliah di luar negeri, ya kayaknya ga mungkin ya bawa ortu, adik atau kakak? Jadi pasti kalo lajang mah pergi sendiri kan ke negara yang dituju. Ini adalah pertama kalinya gw bersyukur gw bukan mahasiswa lajang, melainkan mahasiswa yang udah jadi ibu dan istri, trus suami dan anak gw ada di dekat gw. Selama ini tuh jujur aja, gw suka iri sama mahasiswa2 lajang di kampus yang kayaknya bebas aja ngegunain waktunya untuk belajar kek, ngapain kek, sedang gw, ngga bisa total belajar karena baru megang buku dikit aja, udah kepotong sama ngurusin rumah, ngurusin anak, dan ngurusin suami. Mulai saat ini bakal banyak detik2 mengerikan sehubungan dengan kuliah nih, dan gw tau, dukungan keluarga itu ngga bisa dibayar dengan kebebasan seorang lajang. Masa itu udah lewat untuk gw. Gw bersyukur gw udah nikah, punya anak dan suami, dan mereka ikhlas ke sini nemenin gw. Speechless. Tuhan, berkati mereka, berkati J dan J selalu, mereka udah terlalu baik sama saya (meski rese2nya juga banyak, hahahaha, jujur2an juga dong, tapi bottom line-nya adalah : they are the best!)

Oke, lanjut. Nah jadi jam 10an itu, mulailah gw nyoba nulis untuk materi presentasi. Susah banget. Makin gw tulis kok makin blur, makin abstrak, makin kabur. Bongkar pasang berkali-kali, ngga sreg aja rasanya hati gw. Mata udah sepet banget liat data (untuk jurusan sastra, ya jelas, datanya karya sastra), bacain bolak balik dan sebel minta ampun karena tiap satu kalimat, gw mesti liat kamus, tiap satu kalimat, gw nemuin kanji yang ga pernah gw liat, sampe gw mikir, lha selama ini gw ngapain aja, kok kayaknya repot banget bacain nih karya? Apalagi kalo nemuin bagian yang udah nyampur2 sama sastra jepang klasik, udah deh Gusti, gw tobat asli, ngga tau mau digimanain lagi. Makin malem gw makin khawatir karena gimana mau nulisin presentasi kalo itu data aja ga gw kuasai dengan baik? Akhirnya jam 4 gw nyerah, gw udah ga kuat, eh gw malah nyangkutnya jadi ngeblog, biar rada lega hati gw. Nulis satu postingan, udah jam 5 pagi, mata rada segeran dikit, jadi dicobain lagi ngerjain, tetap jahhhh mentok. Jam 6 pagi asli udah ga kuat, akhirnya tidur, bangun2 jam 8, nyiap2in Joanna sekolah, dll. Jam 9 Joanna cabut ke daycare. Hari ini James yang nganterin Joanna, sedang gw langsung berkutat lagi ngerjain presentasi. Man, waktu gw tinggal kurang lebih 4 jam lagi, sudah termasuk siap2 ke kampus (15 menit) ,perjalanan ke kampus (15 menit) dan fotokopi materi presentasi (15 menit)!

Meski ga tau jelas apa yang gw tulis, gw terus aja ngetik. sabodo-lah, yang penting ada materinya dulu. Gila ya ini, udah waktu mepet, ini mesti mikir ngga pake bahasa ibu, alias pake bahasa negeri gambaru alias bahasa jepang. Kutipan dari data, gw ambil2 aja semampu2nya gw, yang kalimat2nya emang gw ngerti. Itu juga ngga sepenuhnya gw ngerti sih. Come what may-lah, pokoknya lewat dulu deh hari ini, baru gw bisa bernapas lega. Akhirnya, jam 12.20, selesai, dan gw langsung ngeprint. James udah masakin makan siang, tapi sayangnya gw ga bisa makan siang lagi, udah ga ada waktu. Beres2 buku, siap2, langsung gw cabut. Sebelumnya gw bilang, sorry banget ga bisa makan nih makanan, padahal udah capek2 dibuatin. Kata James, "ya udah, ngga apa2." (dengan muka datar). Tuhan, balaslah kebaikan orang ini, manusia yang kadang membosankan namun baik hatinya luar biasa! Karena lapar luar biasa, gw makan dua pisang dan minum segelas air. Jam setengah satu siang, gw berangkat pake sepeda.

Sebenernya ada mesin fotokopi gratisan di kantor jurusan, cuma kalo pas jam makan siang gitu, kantornya tutup, padahal gw presentasi jam 1 siang, yang ada malah makin telat. Akhirnya fotokopi yang bayar, di lawson, itu tuh semacam indo maret-nya jepang. Beres fotokopi, tau2 udah jam satu kurang lima, ngebut maksimal gw ngegenjot sepeda. Sampai di kampus, telat, jam satu lewat lima. Ini ga bisa langsung ke kelas pula, karena materi yang gw bawa ini mesti distaples dulu (ada tiga lembar kertas A3, untuk 6 orang). Biasanya, kalo mau presentasi, karena ini kan pake bahasa jepang ya, gw ngga bisa langsung cas cis cus kayak ngomong pake bahasa indonesia, so gw suka nyatet bener2 di kertas, apa2 aja yang mau gw omongin. Tapi untuk kali ini, udah ngga sempat nulis2 gitu. Masalahnya di kertas materi itu, gw ga nulis semua yang mau gw omongin, jadi ntar ada bagian2 yang gw mesti nerangin sendiri. Ngeri bayanginnya, gimana kalo gw ngga bisa? Sambil ngeri2 gitu, gw sambil ngestaples itu materi, di ruang penelitian bersama, sebelum akhirnya gw masuk kelas.

Di kelas semua udah ngumpul lengkap, Prof juga udah dateng. Tapi mereka masih pada ngobrol nyantai gitu, gw juga ga ditegur karena telat. Gw telat kira2 10 menitlah. Masih dimaklumi yeeeee.....itu kelas isinya 5 orang, 6 sama gw, 7 sama prof. Muridnya tuh selain gw, seperti yang gw ceritain di postingan yang lalu, dua orang jepang, 1 orang brazil, 1 orang amrik, satu orang rusia. 4 bimbingan prof gw, yang 2 anak jurusan lain, ikutan kuliah bareng.

Anehnya, begitu masuk kelas, gw malah tenang. Rohul Kudus udah bekerja nih kayaknya. Alhamdulilah pangkat sejuta deh. Dan setelah prof bilang kalo hari ini gw yang presentasi, mulailah gw presentasi. Gw baca aja deh apa yang udah gw tulis. Ada yang kanji2nya kagak bisa gw baca juga, udah muka badak gw nanyain langsung ke prof, ini bacanya gimana. Akhirnya beres deh tuh ya gw presentasi. Bagian2 yang ga ada di presentasi itu terpaksa emang gw ngomong langsung, itu juga udah belepotan tapi ya udahlah ya, mohon dimaklumi, ini udah yang the best yang gw bisa.

Gw udah ikhlas banget kalo dikata2in, ini kacangan, ini ga jelas, ini kabur masalahnya, dan sebagainya. Setelah gw nanyain beberapa hal yang ngga gw ngerti, Prof nanya lagi sama gw, ada pertanyaan ga? Gw bilang ngga. Terus beliau nanya : Ini kenapa kamu nulis di bagian masalah yang belum clear : perumusan masalah?

Terus gw bilang : "Soalnya kayaknya masalahnya kabur, jadi mau disetting ulang"

Terus Prof bilang : "Sama sekali ngga kabur. Ini jelas masalahnya ada."

*Gw bengong, asli bengong*

Dan gw nanya pertanyaan oon : Jadi ini bisa dijadiin masalah penelitian?

Prof : Mochiron! (udah pasti). Masih jarang orang yang neliti tentang Enchi Fumiko, apalagi penelitian tentang kemarahan perempuan, di Amrik juga baru mulai tahun 90an. Di Jepang belum ada yang neliti. Ini sangat baru.

*God, gw mau pingsan. It means, ada originalitas pada apa yang mau gw kerjain! Ini yang paling bikin gw lega (soalnya ga boleh sama kan dengan penelitian2 sebelumnya, karena kalo sama, maka akan berkurang nilai originalitasnya)

Prof : Ini PR :  analisis "Yo" (terjemahan bahasa inggris : enchantress, apaan ya ini?artinya  hantu perempuan cantik, kalo ga salah). Untuk tanggal 3 maret, presentasiin hasil analisis data "Yo" ya. Kirim ke saya sebelum 3 maret, nanti kita bahas lagi.

Keluar dari kelas, badan gw ringan banget, serasa melayang. Lega, beban berat yang nindih gw keangkat. Gw udah siapin mental bakal dihabisin ala Shandee, kayak semester lalu kan asli dikata2in gw sama dia. Tapi ternyata, hari ini sama sekali gw ga dikata2in, dan gw bisa lanjut terus dengan apa yang mau gw kerjain. Thank God pangkat sejuta.


God, You have proved it again. You do exist. You really do.

No comments:

Post a Comment