Saturday, March 5, 2011

kronologi presentasi 3 maret 2011

Fiuuuuh, akhirnya selesai juga presentasi penelitian tesis yang pertama....3 maret 2011, bertepatan dengan ulangtahun james. Sorry bangeeeet, terpaksa akhirnya ulangtahun james dirayakan di hari berikutnya, 4 maret....langsung makan2 steak kita di restoran (ngakunya duafa tapi tengil abis, kerjanya menghambur2kan uang teruuuuus.....)

Udah dari bulan desember tahun lalu, gw kepikiran terus sama tanggal 3 maret ini, selamat ga gw ngelaluinnya. Pas bulan desember itu, jujur, belum ada bayangan sama sekali, apa yang mau gw presentasiin, research design-nya belum mantap, masih ngambang gitu lho.

Masuk bulan januari 2011, belum begitu bergerak ngerjain penelitian secara signifikan, karena masih kepotong ngikutin kuliah dan ngerjain tugas2 kuliah tatap muka. Tapi di akhir januari, di kelas Hirata (prof pembimbing), gw pre presentasi sekali, untuk dipastiin apakah yang gw kerjain itu bener, sekalian dapatin masukan dari beliau. Di situ gw udah keder abis, soalnya ya gitu deh, gw ngerasa setahun ini belum bener2 serius ngerjain penelitian, jadinya cetek banget gitu, pengetahuan juga standar abis, bahkan banyak yang ngga gw ngerti.

Pre presentasi dapat gw lalui dengan selamat dan yang tadinya gw pikir, permasalahan penelitian gw belum jelas, ternyata kata prof, udah jelas dan bisa diteliti. Ini yang bikin gw lega. Yang masih harus diperjelas itu adalah kerangka teori dan metode penelitian. Tapi kalo masalahnya sendiri, udah oke, trus karya2 yang mau diambil sebagai data juga, udah diakui, boleh pake karya2 itu.

Masuk bulan februari, lagi-lagi waktu gw tersita untuk ngerjain tugas2 kuliah yang lain. Apalagi, itu kan udah akhir semester, jadi untuk nilai akhir, mesti ngumpulin makalah. Selain itu, di bulan februari ini, masalah kelanjutan daycare joanna ini sempat bikin gw (dan james) stress (baca aja postingan2 sebelumnya, ada kok tentang daycare joanna). Sekitar satu minggu, waktu gw abis untuk mikirin nih masalah, nyari2 jalan keluarnya, kesana kemari nyari informasi, pokoknya bener2 ga bisa konsentrasi belajar. Lha gimana, namanya juga kelanjutan sekolah anak sendiri, apa lagi coba yang lebih penting daripada itu? Akhirnya, setelah semingguan, lumayan ada titik terang, dan gw mulai tenang lagi, sehingga bisa nyoba konsentrasi belajar lagi.

Tau2 aja di pertengahan februari, prof ngirim email ngajakin bimbingan. Gw ga bisa bimbingan di jam yang beliau tentukan, dengan alasan : gw nonton teater. Ya emang bener sih, kan gw dapat tiket gratis dari kampus untuk nonton teater dan udah daftar biar dibeliin tuh tiket (ini program untuk mahasiswa asing). Trus gw bilang, kalo sore sih bisa (padahal diem2 berharap, jangan hari itu deh kalo bisa, belum nyiapin apa2 soalnya). Ehhhhh tau2nya, beliau nge-iya-in, sore bimbingan, diem2 ngabur rapat fakultas dan bakal nungguin gw di ruang penelitian jam tiga siang. Akhirnya tuh ya, hari itu gw nonton teater paginya, cuma sambil bawa2 laptop, karena belum beres ngerjain laporan penelitian. Pas rehat pertunjukan, gw ambil keputusan cabut aja langsung ke kampus, karena laporan gw itu belum beres, dan gw takut telat nyampe. Sampai di kampus, gw langsung ke perpus ngerjain sisa laporan penelitian, trus jam tiga kurang gw ke ruang penelitian, taunya prof udah nungguin di situ, lagi beres2in buku. Bimbingannya lumayanlah, berjalan lancar, dapat banyak masukan juga, dan beliau ngasih buku2 untuk dibaca sebagai landasan teori. Kata beliau, "motto motto benkyoo shite, motto motto takusan hon wo yondekudasai" (belajar lebih banyak lagi, baca lebih banyak buku lagi).

Maka pulanglah gw bawa buku2 setebal bantal itu. Gayanya mah intelek, bawa2 tuh banyak buku, hanya jujur, isinya apaan, gw ngga tau. Anyway, bawa dululah. Setelah hari bimbingan itu, gw ga bisa langsung belajar, karena lagi2, masih ada satu tugas makalah kuliah yang belum beres. Ngejar deadline makalah ini dulu, akhirnya hari senin, 21 februari, lewat 3 jam dari deadline, nih makalah berhasil dikumpulkan (dikirim lewat email).

Setelah lewat hari senin, 21 februari itu, gw mulai berusaha untuk konsentrasi penuh nyiapin presentasi penelitian. Waktu gw tinggal 10 hari lagi dan gw bener2 ga punya ide, bakal kayak gimana wujudnya presentasi gw itu, urut2annya gimana, apa aja yang mau dipresentasiin. Waktu untuk presentasinya 20 menit, trus tanya jawab juga 20 menit.

Tanggal 22, 23, 24, 25 gw pake untuk baca buku2 dari prof itu. Lumayan dapet banyak pencerahan dari buku2 itu, dan garis besarnya gw bisa ngertilah. Padahal biasanya gw lemot abis kalo udah baca text book bahasa inggris. Ohya itu buku2nya emang buku berbahasa inggris, karena untuk landasan teori, ya mesti diakui, teori2 sastra itu yang megang ya dari eropa amerika, kalo jepang, untuk urusan teori, masih belum established sih ya. Gw ga baca semua bagian sih, hanya bagian pendahuluan aja, tapi dari baca tuh pendahuluan, lumayan dapat gambaran, konsep2 apa yang ingin gw sampaikan.

Hari Sabtu, 26 Februari, siang hari gw ke kampus untuk mulai nulis draft presentasi. Terpaksa banget gw ninggalin joanna di hari libur. Sebagai kompensasi supaya dia ga ngerasa ditinggalkan, pagi2nya gw ajak dia dulu main di perpustakaan kota dan di taman, meski sebenernya hati gw udah ga tenang, mikirin kapan gw nulis tuh draft presentasi. Setelah selesai main, kita pulang, trus setelah makan, gw cabut ke kampus. Sekalian gw ngembaliin buku, trus minjem buku juga, yang gw rasa bakal dibutuhin untuk ngelengkapin landasan teori. Dari 3 jam gw ngerjain draft, jadinya cuma 1 halaman aja, itu juga bukan satu halaman penuh pula. Yang lama emang mikirin kalimat pertamanya, trus nyusun gimana nulisnya. Jam lima sore gw cabut dari perpus, udah mau tutup soalnya.

Minggu, 26 Februari, dari pagi sampe siang, gw ke gereja, trus pulang2 udah capek banget untuk ngerjain draft. Manis banget lagi ya, si jojo menci! Gw udah galau, hari senin besok nih jangan2 joanna ga bisa ditaro di daycare, padahal sumpaaaaah, gw lagi butuh banget dia di daycare biar gw nisa konsentrasi full ngerjain nih draft. Udah gemes gw, ketunda terus dengan berbagai hal, kalo kayak gini, kapan beresnya? Padahal, sebelum 3 maret itu, gw mesti ngirim nih draft ke prof untuk dicek, sekalian juga ke bu kazuko, untuk dicek bahasa jepangnya. Kalo gw ngirim baru tanggal 2 maret, yang bener aja, itu mah minta dihajar namanya. Paling lambat, gw mesti ngirim ya hari senin, 28 februari, jadi mereka punya waktu 3 hari untuk ngecek dan balikin lagi ke gw, dan gw juga punya waktu untuk bener2in lagi.

To make thing worst, gw mulai terkena sakit tenggorokan. Ga enak banget kalo nelan. This is just so great! Akhirnya hari minggu itu, gw putuskan untuk segera tidur, istirahat dululah, baru ntar bangun pagi2 untuk ngerjain draft. Gw bangun jam 3 pagi, mulai ngerjain draft. Ehhhhh si jojo rewel2 gitu, trus jam 5 pagi dia menci again! Akhirnya ngurusin dia dulu, trus dia rewel ga mau tidur. Aduuuh udah stress banget deh gw. Finally, dia mau tidur juga, pas dia tidur, gw buru2 ngerjain draft, tapi gw udah tau pasti, hari ini nih anak ga bisa ditaro di daycare. Emang dia ga demam, tapi batuk pileknya cukup parah, plus menci, trus keliatan badannya tuh lemes. Ga tega juga gw. Diskusi sama james, akhirnya james memutuskan ga kursus bahasa jepang biar bisa ngurus joanna, sementara gw ngerjain draft, dan gw juga, yang tadinya mau ngerjain di kampus biar bisa full konsentrasi, mengganti rencana, jadi ngerjain di rumah karena ga tega juga ninggalin joanna dan kebayang stressnya james kalo berdua aja sama joanna. Ya, emang sih yang paling ideal adalah ngerjain draft di kampus tanpa diganggu siapa pun, tapi udah resiko gw, jadi mahasiswa yang udah punya anak dan suami, ga bisa gw berharap punya waktu tak terbatas...lha kan gw budak seumur hidupnya jojo? budak mana punya hak? yang ada mah gw harus nyesuain cara kerja gw dengan ritme hidupnya jojo.

Jadi pagi2 itu, joanna dibriefing biar ga ganggu gw dan perjanjiannya, gw baru bisa main sama dia, setelah gw selesai ngerjain draft. Trus bikin perjanjian juga, jojo harus pinter makannya dan tidur siang. Joanna setuju, gayanya sih saat itu, ngangguk2in kepala dengan yakin banget deh. Sampai jam makan siang, dia berusaha bersikap manis. Lumayanlah ya, hanya dengan dikasih nonton doraemon gitu, dia bisa anteng dan gw bisa ngerjain draft. Tapi lewat jam makan siang....baru deh cobaan dimulai. Joanna ga mau tidur siang, dibujuk2 sama james, ga mau juga. Trus gw tetap berusaha ngerjain draft, udah sebel abis dengerin jojo rewel. James bete banget, akhirnya dia ketiduran. Pas james ketiduran itu, jojo tetap bengong2 ga jelas di ruang tidur. Akhirnya gw masuk, gw temenin dia main2 bentar, sekitar 15 menit. Gw keluar ruangan, tetap aja dia ga mau tidur. Satu jam james tidur, trus bangun, dengan kesel ngajak jojo ke ruang tengah. Gw udah kesel abis sama joanna. Nih anak, udah diladenin ini itu, tidur siang aja ngga mau, what a kid banget deh! Trus dia caper2 sama gw, udah kesel to the maks deh gw, sampe akhirnya gw bilang,

"Terus terang aja, keberadaan kamu saat ini di sebelah Mama, sangat mengganggu. Seandainya kamu tidur siang, mungkin Mama udah selesai ngerjain draft ini, dan kita bisa main. Tapi karena kamu ngga tidur siang dan Mama harus bolak balik ngeladenin rewelnya kamu, akhirnya ini belum selesai-selesai. Sampai ini selesai, Mama ngga bisa main sama kamu. Asal kamu tau ya Jo, kita jauh2 ke Jepang ini bukan untuk pindah tempat urus kamu. Kalau cuma mau urus kamu, untuk apa ke jepang, lebih enak di Indonesia aja. Ini kita ada di jepang karena Mama ngelanjutin kuliah dengan beasiswa dari pemerintah jepang. Kamu bisa makan, beli ini itu, bayar sewa apartment, itu semua uang beasiswa. Mana tanggungjawab Mama kalau ngga belajar bener2? Jadi kamu sekarang diam di sini sama Papa, jangan ganggu Mama. Mama pindah tempat ke kamar tidur untuk ngerjain draft ini, kamu diam di sini, terserah mau main atau nonton atau ngapain, tapi jangan ganggu Mama sampai Mama selesai ngerjain draft. Setelah selesai ngerjain draft, Mama main sama kamu."

Joanna, dibilangin tegas2 gitu, langsung ngangguk2in kepala dengan mata belonya yang udah nyaris melotot itu. Gw pindah kamar ke ruang tidur, James dan Joanna di ruang tengah. Cuma kadang2 Jojo nengokin gw ke kamar, ga tega juga gw, dia kan hanya ingin main aja sama gw. Jadi akhirnya gw peluk tuh anak, bilang sabar bentar lagi ya, kalau udah beres, nanti kita main. Yahhh...soalnya mana tega gw marah lama2, si Jojo diem2 ngintip ke kamar tidur, trus bilang, "Mama, lagi belajar ya?" sambil kepalanya ngangguk2 gitu dan dia keluar lagi ke ruang tengah.

Finally, draft selesai hampir jam setengah tujuh malam. Segera gw kirim ke prof Hirata dan Bu Kazuko. Kepala gw udah pusing abis, berapa jam tuh ya gw ngerjain, dari jam 3 pagi sampe jam 6 sore...total 15 jam, hanya untuk 6 halaman! Bener2 gw paksa diri gw untuk terus mikir, terus nulis, meski rasanya udah pusing abissss.....gw cuma mikir, semakin cepat ini selesai, akan semakin tenang gw. Sumpah, olahraga otak bangetlah ini, serasa naik sepeda RPM kelas berat khusus untuk otak. For otak only!

Jam setengah tujuh kurang, gw pergi bentar ke supermarket, beli minyak goreng dan bahan makanan, udah abis bener2. Untuk refreshing juga, biar rada seger dikitlah. Selesai belanja, jam 7 malam nyampe rumah, si james yang goreng ikannya (kita makan salmon malam itu), trus gw nyuapin jojo (mentang2 menci, dia manja minta disuapin), dan main2 sama jojo. Beres2 rumah, jam setengah sembilanan, masuk kamar dan tidur. Tenggorokan gw makin sakit.

Selasa, 1 maret, joanna pergi ke daycare. James kursus bahasa jepang, trus gw nyiapin materi kerja sambilan ntar malam. Siangnya, setelah makan siang, gw ke kampus untuk tanda tangan beasiswa (kalo telat ttd, kita ga dapat tuh beasiswa bulan itu), sekalian bayar sewa apartmen di bank. Malamnya, gw online kerja sambilan. Itu tenggorokan gw udah sakit banget, menderita deh rasanya. Prof Hirata udah ngebalikin draft gw selasa pagi, dan bu kazuko ngebalikn draft gw selasa malam. Thousand thanks-lah untuk mereka, reaksinya cepat banget tiap kali gw minta tolong. Kata prof, draftnya udah oke, dibener2in beberapa bagian yang salah, tapi garis besarnya udah oke dan diapprove. Tinggal ngerjain resumenya nih.

Rabu, 2 Maret, setelah Joanna ke daycare, gw ngebener2in draft presentasi, trus bikin resumenya, dan ngeprint. Malamnya, gw online lagi kerja sambilan. Sebenarnya jadwal gw selasa-kamis, tapi karena kamis gw ngga bisa, maka yang hari kamis diganti jadi hari rabu. Tenggorokan gw masih sakit, bahkan suara gw jadi parau gitu. Gw ngeri suara gw ilang, gimana besok mau presentasi? Malam itu gw tidur cepet, bangun2 jam empat pagi. Begitu bangun, gw berdoa dulu biar presentasi sukses.

Kamis, 3 Maret, sementara joanna masih tidur, gw mempelajari draft presentasi dan urut2annya, termasuk nulis2in hiragana ke kanji yang gw ga tau bacanya gimana. Selesai nganter Joanna ke daycare, gw lanjut nyiapin presentasi. Jam setengahduabelasan, gw siap2, mandi, beres2, trus ke kampus, setelah di jalan, gw mampir untuk fotokopi materi. Sampai di kampus, jam satu kurang seperempat-lah (jadwal presentasinya jam satu), hampir semuanya udah pada dateng, lagi ngerapih2in meja dan kursi gitu untuk presentasi. Gw ikutan bantu2in, trus nyiap2in materi. Ada 10 mahasiswa dan 4 prof. Yang presentasi hari itu 5 orang, gw urutan kedua. Ajaib, begitu di ruang penelitian, gw udah ngga ngeri lagi, malah ngerasa tenang. Gaya gw presentasi ngga canggih, biasa aja, bahkan apa yang mau gw sampaikan benar2 gw tulis kata per kata di draft (makanya, tuh draft penting banget, wajar kalo dikerjain selama 15 jam!), dan gw presentasi dengan ngebaca draft itu. Selesai presentasi, langsung masuk sesi tanya jawab oleh 4 prof. Yang pertama nanya pembimbing gw, prof Hirata, trus lanjut prof Shimizu, lanjut lagi prof Wada, dan yang terakhir.....the legendary Shandeeee....

Kalo prof pembimbing mah ngga nanya macem2, karena beliau kan udah liat draft gw, jadi praktis yang nanya tuh 3 prof lain. Total 4 prof itu meng-aprove research design gw, dibilang bisa lanjut terus dengan tema ini, dan dibilang bahwa apa yang mau gw teliti itu menarik, dan presentasinya juga jelas. Sumpah, gw serasa conquer the world, saat Shandeee berkata begini,

"Rouri san, totemo omoshiroi kenkyuu desu. Gainen no teigi mo kichin to setsumeishite, sankoo bunken mo yoku yondeimasu. " (Rouli, benar2 peneltian yang menarik. Konsep-konsep pun kamu terangkan dengan jelas, dan kamu banyak membaca referensi).

Bukannya gw ngarep2in Shandeeeeee ngakuin hasil kerja gw, tapi tau sendiri kan ya, setahun yang lalu, asli gw abis dikata2in sama dia, sampe gw tuh serasa pingin lenyap aja ditelan bumi saking malunya dimarahin di depan kelas. Dan udah tau kan ya, gw dapet C tuuuuuh untuk mata kuliah Shandeeeee! Plus gw turun 3 kg karena tertekan banget ngikutin kuliah nih orang. Hadeuuuuuuh, ampun tuanku banget deh.

Dan hari itu, 3 maret, dia berhadapan muka dengan gw, mengakui hasil kerja gw selama ini. Gila, itu puasnya gw, serasa kayak nampol orang, sumpah! Masih inget banget gw, setahun yang lalu, ampun2an deh gw tertekan sama nih orang. Sekarang, setahun kemudian, orang yang sama, mengakui hasil kerja gw. Itu rasanya ngga bisa dilukiskan, beneran, nikmat banget.

Thank God. Thank God. Thank God. Di tengah2 sakit tenggorokan, Joanna menci....Engkau terus menyertai ketika aku mengerjakan draft presentasi. Hampir 2 tahun di Osaka, biar awalnya kacrut to the maks, sedikit2 mulai ada buahnya dari apa yang saya lakukan hari demi hari. Memang yang paling penting itu proses. Dan, tentu aja, meski sebel mengakuinya......ya nothing will happen without : GAMBARU tentu sajaaaaaaa!!!!

"Just do your best and let GOD work in it." Sejak jaman SMA hingga hari ini, berulang kali gw membuktikan kebenaran kata-kata ini.


God, You're not giving me the strength. You ARE the strength itself. Now I understand a little bit, what is the meaning of this sentence : "Lord, You are my strength.".....because I experienced it by myself.

No comments:

Post a Comment