Wednesday, March 9, 2011

Rejeki kerja sambilan

Dengan uang beasiswa tiap bulan, emang sejauh ini, kita bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Hanya, kalau mikir ke depan, biar gimana, kepikiran banget bahwa kita mesti nabung. Jujur, dari uang beasiswa, hampir selalu aja habis tiap bulannya. Jujur juga, kita tuh sering makan di luar. Yaaaaa...kayaknya udah kelemahan dari dulu deh, yaitu di makanan. Ngga bisa nolak kalo liat cemilan. Selalu aja pingin makan di restoran. Plus ngupi2 gituuuuu di starbuck (borju abisssss). Kepikiran sih untuk nurunin gaya hidup, tapi ya gimana ya....akhirnya jadinya hanya sebatas wacana aja. Jujur juga, orang2 Indonesia di sini kayaknya jarang banget jajan2 di luaran gitu. Banyakan juga tipe alim selalu makan di rumah, ga kayak gw dan J dan J. Ya maaf deh, kita akui benar-benar, bahwa kita bertiga ga punya jiwa prihatin kayak gitu, karena kita kan 3 anak manja....(ihhhhh....). Jadi akhirnya, ya selalu aja, dari uang beasiswa itu, jadinya ngga bisa nabung.

Tapi syukurlah, sejak April tahun lalu, ada rejeki kerja sambilan, yaitu ngajar perawat Indonesia lewat kursus online. Kerjaannya itu ngajar materi ujian nasional perawat dalam bahasa jepang. Ngajarinnya sih pake bahasa Indonesia. Petama-tama ngerjain kerjaan ini, jadwalnya seminggu dua kali. Trus saat itu kan kuliah gw lagi padat2nya tuh. Capek banget disambi kerjaan ini. Emang ngajarnya sih setiap kali tatap muka online itu hanya 1 jam 40 menit, tapi nyiapin materinya ini yang rada repot dan butuh waktu. Soalnya, istilah2 kayak penanganan psikologis lansia, penyakit kepikunan, dasar-dasar teori kerja sosial, dll itu kan hal2 yang baru banget untuk gw. Jangankan dalam bahasa jepang, dalam bahasa indonesia aja gw ngga tau. Makanya butuh waktu untuk gw mempelajarinya.

Akhirnya, karena mikir bahwa kuliah gw lebih penting daripada kerjaan sambilan, gw memutuskan untuk meng-share kerjaan ini ke temen gw, jadi kita ngerjainnya barengan, sehingga gw hanya ngajar seminggu sekali. Lumayan ringan jadinya emang beban gw, tapi ya resikonya pemasukan juga jadi kepangkas setengahnya. Gw ikhlas, karena gw pikir, yang paling penting kan kuliah, kalo kuliah udah kepegang, baru deh mau ngerjain yang lain2 boleh.

6 bulan setelah gw share kerjaan ini ke teman gw, tau2 pihak penyelenggara kursus menyatakan mau nambah jam ngajar, jadi yang tadinya seminggu dua kali, jadi seminggu empat kali (ada dua kelompok yang ikutan, tadinya hanya satu kelompok). Jadi, kerjaan seminggu empat kali itu dishare antara gw dan teman gw, masing2nya megang dua pertemuan. Ini bener2 saat yang tepat untuk nambah kerja sambilan, karena di bulan maret ini, kuliah tatap muka gw udah hampir 80 persen selesai dan semester depan itu paling gw cuma butuh ngambil 4 SKS. Jadi, ngga akan menganggu studi gw.

Selain itu, bulan ini, gw juga dapat order ngajar bahasa Indonesia selama dua hari, totalnya 15 jam. Dan, bulan depan, ada order nerjemahin bahasa jepang-indonesia selama 3 hari, di Kobe (kira2 satu jam dari Osaka, tempat tinggal nenek gw tuh dulu, hiks!). Gw dapetnya dari teman gw.

Awal bulan ini, prof gw nawarin kerjaan jadi teaching assistant untuk kuliahnya beliau dua  semester depan (semester 4, karena semester 3 beliau sabbatical, cuti ngajar). Kesannya keren ya, teaching assistant, padahal mah kerjaannya hanya fotokopi materi doang. Ya...siapa yang ngga mau duit, apalagi itu diperoleh hanya dengan modal fotokopi materi aja, siapa juga mau dong.

Thank God banget deh, rejeki ngalir. Gw ga masalah kalo sekarang di dalam keluarga, yang nyari duit gw. Sekarang adalah saatnya gw cari duit, ntar untuk James, ada saatnya juga. Kita berdua ngga strict berpegang pada yang nafkahin tuh suami, yang dinafkahin tuh istri. Ya, sebisanya aja, kalo sekarang yang kerja istri, ya dinikmatin duitnya sama2, ntar kalo yang kerja suami, nikmatin juga duitnya sama2, syukur2 ntar bisa dua2nya ngehasilin duit, ya nikmatinnya sama2 juga. Udah ngga jaman lagi kayaknya ya, ngeributin siapa yang cari duit, siapa yang urus anak, mending semua itu dilakukan sama-sama, biar beban hidup jadi lebih ringan.

Ya, doain terus rejeki ngalir lancar. Thank God, thank God, thank God, semoga saya bisa menghargai rejekiMu dengan bekerja keras sepenuh hati. Amin.

1 comment:

  1. betulll
    Rezeki tidak akan kemana, semua sudah ada takaran masing masing dari Tuhan. Mau lewat suami atau istri namanya rumah tangga, artinya cuma masuk ke satu rekening hehehehheheehe

    ReplyDelete