Thursday, March 3, 2011

Setelah dua tahun...

Belum tepat dua tahun, tapi dua tahun kurang satu bulan, gw sudah berada di jepang ini. Kalau ditanya, gimana, enak ga hidup di jepang?

Mau jawaban jujur?

Enak sih ngga ya, tapi gw bersyukur dapat kesempatan tinggal di Jepang dengan segala suka dukanya. Bisa dibilang, jepang itu bagi gw, semacam sarana pembentukan mental baja. Sumpah, itulah yang gw rasakan.

Mulai dari urusan ngurus rumah, studi, kerja sambilan...semua dimulai dari nol. Di Indonesia dulu, gw ga pernah repot ngurus rumah. Udah ada asisten yang ngerjain, trus keluarga juga banyak. Studi....ga pernah gw nemuin kesulitan berarti. IP gw selalu bagus (cieeee narsis) dan gw ngerasa semua dosen sayang sama gw (geer banget ya gw). Kerja sambilan.....ga pernah sekalipun gw lakonin. Uang selalu cukup, ga ada urgensi-nya gw nyari2 kerja sambilan. Temen juga banyak, di gereja juga gw eksis (gila, ini kayaknya jadi postingan narsis banget ya?). Intinya adalah gw ga pernah sampe nemuin kesulitan hidup yang sampe bikin gw jadi jungkir balik stress. Ngga pernah sama sekali. Even hamil pun, yang kata orang2 bikin perempuan menderita karena ada mual2 morning sickness (tuh si Ria sampe masuk RS karena morning sickness parah abis), gw ga rasain sekali. Bawaan selama hamil, ya maunya makan melulu, ga heran, baru juga hamil 3 bulan, gw udah naik 10 kg. Sehari sebelum Joanna lahir, gw malah makan pizza hut. Trus seminggu sebelumnya, chinese food aguan 3 hari berturut2. Sejahtera banget dah gw.

Setelah hijrah ke Jepang....gimana? Bisa dibilang, hidup gw berubah 180 derajat. Asli life changing experience!Berubahnya gimana? Kalo disimpulkan dalam satu kalimat : seluruh kenyamanan gw di Indonesia diambil dengan kejam dan tergantikan dengan kesulitan demi kesulitan yang dulu ga pernah gw rasain sama sekali.

Dalam hidup sehari2, ga ada lagi asisten rumah tangga. Semua urusan rumah, mesti gw dan james yang ngerjain. ga  ada sanak keluarga, ga ada yang bisa bantuin. Stress-lah pasti. Apalagi manusia cemen macam gw. Marah2 terus gw tiap hari karena ngerasa jadi  budak, harus masak2 gitu. Saat itu, hanya satu yang ada di otak gw : pingin balik ke Indonesia!

Urusan anak juga gitu. Berasa banget deh ngga ada yang ngebantuin. Yang paling kasian sebenarnya James. Gw masih bisa keluar rumah untuk kuliah, nah James, saat itu ga ada kegiatan lain, sepanjang hari terus2an sama Joanna. Bukannya ga sayang sama anak, tapi seharian penuh berada bersama anak, hmmm, I tell you the truth : benar2 melelahkan!!!! Yang ada akhirnya, gw marah2 teruuuuuus sama Joanna. Ibu tiri juga kalah kali kejamnya dibanding gw!

Keadaan ekonomi juga gitu. Di sini kita hidup ngandalin beasiswa. Emang uang segitu yang gw terima, kalo dikurs ke rupiah lumayan bangeeeet, tapi kalo dipake di jepang, kita termasuk golongan duafa. Ya emang duafa di sini ga sampe minta2 ngemis di pinggir jalan, karena ukuran duafa jepang dan indonesia mungkin beda ya. Tapi tetap ajaaaaa, dalam masyarakat jepang, kita termasuk golongan duafa. Uangnya sih cukup untuk kita hidup, tapi untuk senang2, jadinya terbatas. Soalnya kita mikir juga, pengen nabung. Sampai detik ini gagal melulu, karena selalu aja ludes untuk makan2 dan beli cemilan. Parah emang. Gw tukang makan, James tukang makan, Joanna juga tukang makan. Kita bertiga nih ga bisa hidup tanpa cemilan dan paling suka makan di restoran (buset, sok borju abis ya?)

Urusan studi, apalagi. Stress banget. Ngerasa paling goblok di kelas. Tau kan kisah2 Shandeee? nah itu tuh salah satu penyebab yang bikin gw stress. Mantep deh pokoknya.

Tapi, sedikit demi sedikit, akhirnya gw mulai terbiasa. Mulai dari ngurus rumah, anak (ini mah dititipin di daycare), kerja sambilan, kuliah. Capek emang, tapi dari yang nganggep itu hal yang sulit untuk dilakukan, jadi berubah dikit2, mikir ya udahlah ya, ga usah dibawa stress, nyantai aja.

Di Jepang ini pertama kalinya gw bener2 ngerasain apa itu namanya hidup karena percaya, bukan karena melihat. Gimana rasanya tetap megang mimpi gw saat kayaknya udah ngga ada jalan. Belajar mencintai suami dan anak karena mereka adalah suami dan anak apa adanya, bukan karena ada embel2 harta, jabatan, dll. Dan menurut gw, semua itu ngga bisa dibayar dengan uang. Itu berkat yang terselubung di balik penderitaan.

Kalo kita ga ngalamin susah, ga ngalamin masalah, emang pasti kita akan mandeg, ga akan bertumbuh. Gw percaya itu. Setelah 2 tahun di Jepang, gw ngerasa bahwa jepang bener2 menempa gw untuk punya mental mau maju dan berusaha. Lagi2 ini sesuatu yang ga bisa dibeli dengan uang.

Jadi, meski awalnya sebel abis, sekarang gw bisa bilang : thank God, I'm in Japan. Asahlah mentalku untuk bisa belajar lebih banyak lagi tentang kehidupan. Biar aku melihat indahnya kesulitan di dalam kehidupan. Dan membiarkannya terjalin satu demi satu, hingga pada saatnya nanti,  terbentuklah rangkaian keberhasilan. 

No comments:

Post a Comment