Tuesday, August 17, 2010

Enjoy life

Meski hidup tidak bisa dibilang gampang untuk gw dan keluarga yang sok-sok'an mengembara di kota tertinggi biaya hidupnya kedua sedunia (yaitu Osaka, dan guess what, kota tertinggi biaya hidup pertama itu di mana? Tokyo! Kesimpulan : Jepang adalah negara dengan biaya hidup paling tinggi di dunia. Emang iya. Di sini, satu botol air mineral 500 ml, kalo dikurs ke rupiah, kira-kira 15.000 rupiah. Segitu merek lokal, bukan Evian yang suka jadi merek air mineral sosialita Jakarta...), namun satu prinsip yang selalu kita pegang adalah : enjoy life! Janganlah diperbudak kesusahan, karena di mana pun kita berada, kesusahan akan selalu ada. Namanya aja dunia, kalo ga mau susah mah, ya di sorga-lah tempatnya!

Ya, seperti yang selalu Papa bilang, bahwa berjuang itu harus, tapi jangan lupa untuk enjoy life. Bener banget tuh! Enjoy life juga ga usahlah mesti jalan-jalan ke luar negeri (ya emang duitnya kagak ada sih kalo itu mah), tapi ya gimanalah caranya, jangan terlalu keras pada diri sendiri. Ntar yang ada malah stress abis.

Beberapa cara kita bertiga (gw, J dan J, ohya, J dan J itu, James dan Joanna, suami dan anakku tercinta) menikmati hidup, misalnya :

1. Makan di luar.
Bukannya borju atau sok kaya, tapi namanya tukang jajan, ga bisa deh kita kalo ga makan di luar. Ya pokoknya mesti ngemil-lah, kayak ke convinience store, beli eskrim sebiji pun dijabanin. Hidup tanpa ngemil rasanya kurang hidup, emang. Kayak hari ini, baru aja kemaren kita bertekad ngurangin makan di luar, hari ini, udah lemah banget, "jatuh" lagi ke "dosa" yang sama. Gara-garanya, gw ngajakin ke Mr. Donut, sore2 abis si Jojo pulang dari daycare. Sebenernya gw ga ngeluarin kata "Mr Donut", tapi James langsung tau, begitu gw tanya, "ga beli cemilan ya". Kata James, "ga. bangkrut beli cemilan melulu mah". Trus gw bilang, "Aku ada ide." Si James langsung tau, itu pasti maksudnya Mr Donut. "Ngga, kan kita udah sepakat kemarin." Wah kayaknya mah ga ada harapan nih ke MD. Kecewa gw. Eh ngga berapa lama, James yang bilang, "ya udah yuk, meluncur sekarang." Gw langsung ketawa bahagia. Si Jojo belum tau duduk perkaranya apa. Begitu gw bilang kita mau ke MD, langsung bercahayalah matanya. Dan di MD, dia ngabisin 3 donat tuh, 3,5 malah, karena apple pie yang gw pesan, diembat juga setengahnya sama dia! Ah, kelemahan kita emang di makanan. Apa daya, bagaikan orang yang udah bertekad ga mau lagi melakukan dosa zinah, selalu saja, kita tercebur, tercebur, dan tercebur lagi ke dalamnya (sorry, perumpamaannya kok zinah?). Kenikmatan dunia berupa Mr Donut memang sulit untuk ditampik,bukan?Selain MD, kita suka ke Mc. D, trus sok2an ke starbuck (ini duafa apa borjuis sih?)

2. Ke perpustakaan
Gila, sok alim banget, enjoy life-nya ke perpus. Tapi, sebagai negara maju, ya Jepang tuh punya perpustakaan2 di setiap kecamatan, yang buku2nya terawat baik dan ga akan dicolongin kayak kalo kita buka perpustakaan umum di Indonesia (sorry berburuk sangka). Trus, di perpustakaan setempat ini, ada corner khusus untuk buku anak. Nah, di dekat tempat gw tinggal juga gitu. Makanya, kalo duit lagi cekak, pulang dari daycare, gw suka ngajak Jojo ke perpus. Kan hiburan tuh, ala-ala Barney, duduk-duduk di kursi kecil, trus ada karpet, ada bonekanya juga, trus buku-bukunya juga banyak. Dulu tuh waktu gw di Indonesia, suka berangan-angan ga terucap, mikir, seandainya di Indonesia ada perpustakaan umum yang ada corner cozy untuk anak-anak. Kan asyik bawa Joanna ke situ. Ehhhh ternyata terkabul, pas hijrah ke Jepang, kita tinggal di tempat yang dekat dengan perpustakaan setempat.

3. Ke carrefour minoh
Ini nih salah satu tempat belanja yang suka kita kunjungin. Ya ga sering2 amat, dua bulanan sekalilah.Alasannya beli diapers dan susu untuk Joanna, padahal bilang aja pengen jalan-jalan. Lagian, kayaknya mulai saat ini, alasan beli diapers dan susu udah ga,tepat deh. Soalnya, Jojo sekarang pake diapers hanya malam saja, so kebutuhan diapers udah berkurang. Trus, untuk susu juga, kita udah ga beli susu bubuk lagi, tapi sejak satu kaleng kemarin itu habis, kita nyobain Joanna minum susu sapi segar. Iya, di Jepang ini, anak kalo udah 3 tahun ke atas, ga lagi minum susu bubuk, tapi langsung susu cair. Dan di sini ga ada tuh susu rasa strawberry, madu, coklat, dll. Adanya cuma susu sapi aja. Titik. Ga fun sih, tapi apa boleh buat, si Jojo jadinya mau ga mau minum susu cair tuh. Trus, kalo ke carrefour minoh, kita suka sok alim, makan siang di rumah dulu, maksudnya biar ngga usah makan lagi di sana, jadi berhemat. Tapi sama aja boong sih, karena di sana, ya kita ngemil-ngemil gitu, ngemilnya juga banyak, lagi! Demi enjoy life, ya sudahlah, ada harga yang harus dibayar....

4. Nulis notes, ngeblog
hahahaha, inilah cara terbaru gw untuk enjoy life. Nulis notes di FB mah udah sering, tapi ngeblog baru beberapa hari ini. Lagi semangat2nya nih gw, kayak punya mainan baru aja. Tapi emang gw dari dulu suka nulis, dari kelas enam SD, punya diary, yang gw malu kalo dibaca orang, makanya gw umpetin di....lemari baju Papa (saat menulis ini, gw baru nyadar, betapa gobloknya gw, diary kok malah diumpetinnya di lemari baju bokap, bukannya ngeri kalo dibaca Papa. Ah tapi ngga kok, Papa itu orangnya kan ga suka nyampurin urusan anak2nya....tapi tetap aja, menyembunyikan diary di lemari baju ortu, adalah sebuah pemikiran yang aneh). Ohya, selain itu, nulis email dan baca email atau message dari Ria (adik gw) juga cara untuk enjoy life. Ya, seru aja gitu, ngegosip2in orang2 rese (buset, kebiasaan yang tidak baik itu), sambil bercerita lewat tulisan, tentang suka duka menjadi ibu dan istri tidak sempurna yang kadang pengen lari ke hutan untuk menghirup kebebasan.

5. Minum teh malam-malam
Yeahhhh...minum teh sambil sok2an merenung ga jelas. Ditemani oratorio "Messiah" karya GF Handel. Atau kalo lagi males yang gegap gempita gitu, bisa juga ditemani musik-musik melow yang bikin gw jadi pengen nangis tanpa tau penyebabnya apa. Dan ini mesti malam2, kalo pagi atau siang mah kurang dapet moodnya (sok seniman banget sih gw).

Btw, bukannya gw nih baru dua harian yang lalu, nulis bahwa ga mau lagi nge-inet malam2? Ini udah melanggar kesepakatan dengan diri sendiri dong ya. Ah...sudahlah, jangan terlalu keras pada diri sendiri. Hidup ini sudah keras, dan makalah pun menghantammu dengan sangat terkeras, jadi temukanlah kesenangan2 kecil di tengah2 kehidupan gambaru ala jepang ini. Ngomong2 soal makalah, tuh makalah "The waiting years" gw, udah jadi setengahnya. Mudah2an besok bisa rampung deh, jadi berkurang lagi satu bebanku. Mau maksa ngerjain malam ini, otak udah capek, blank ga bisa mikir. Padahal tadi hanya nulis empat halaman, lho. Ya, siapa bilang belajar itu gampang? Tapi meski susah, seperti yang Papa selalu bilang : tetap harus ENJOY LIFE layawwwwwwww!!!!!!

No comments:

Post a Comment