Saturday, August 21, 2010

Selingkuh itu indah (benarkah?)

Ga tau siapa yang mempopulerkan ungkapan ini, tapi kayaknya sering aja denger kata2 "selingkuh itu indah", terutama kalo lagi marak gosip2 seleb pada kawin cerai karena orang ketiga. Tapi, benarkah beneran indah?Yang mau gw bahas di sini, adalah selingkuh dalam konteks seseorang sudah menikah atau dia menjalin hubungan dengan orang yang sudah menikah. Kalo selingkuh dalam konteks pasangan yang masih pacaran aja dan belum nikah, itu mah menurut gw sah2 aja, namanya orang belum nikah, kan, masih milih2, masih belum terikat, masih bisa bebas mau jalan dengan siapa aja. Nahhhhh...tapi ketika ada sebuah hubungan lain di tengah2 pernikahan, itulah titik awal perselingkuhan dimulai.

Lagi2, kenapa gw terpikir menuliskan hal ini, adalah karena efek gw membaca "The Waiting Years". Ampun deh itu novel, tokoh2nya asli menghantui gw, masa sih gw mesti menjalani hidup dengan terus2an merasa kasihan pada ketidakberdayaan Tomo, Yumi dan Suga, dan terus2an ingin nimpuk Yukitomo? Yeahhhh....di novel ini, emang asli edan, si Yukitomo tuh bukan selingkuh ditutup2in hubungannya dengan istri lain selain istri sah, tapi ini mah malah disuruh tinggal satu rumah, selir2 dan istri sah. Dari situ aja udah ketauan banget deh kadalnya nih laki2. Cerita dibuka dari Yukitomo yang saat itu berusia 40an tahun, yang tau2 kepengen punya selir. Gw tebak, tokoh ini mengalami puber kedua, tapi dia emang asli sinting, udah 70an pun, tetap aja doyan cewek daun muda, istri anaknya aja diajakin berhubungan intim. Dan yang gw ga abis pikir, cewek2 di novel ini, kayak yang tergila2 gitu sama Yukitomo, ya tergila2, ya ga berdaya, ya memohon2 cinta....emang si Yukitomo ini digambarin lihai banget menaklukkan hati perempuan. Makanya, biar udah 70an tahun juga, tetap aja dia punya pesona.

Dari situ gw jadi terpikir, emang pada dasarnya, manusia tuh ga pernah puas sama satu pasangan aja kali ya? Kalo bisa punya dua, ya dua, kalo tiga, ya lebih bagus, biar ada variasi. Entahlah. Tapi, memang satu hal yang harus diakui, pernikahan itu beda jauh abis2an sama pacaran. Oke, oke, oke, majalah2 gaya hidup sering banget ngebahas tentang "hubungan yang tetap mesra di dalam pernikahan", "tetap membara di usia 50" (api kali yeee, membara?), "100 tips menjaga kerukunan dalam rumah tangga" (salah satunya pasti deh : ajaklah pasangan ber-candle light dinner di tepi danau), dsb, dsb. Tapi, apakah benar, hidup nyata itu "seideal" yang digambarkan dalam majalah2 gaya hidup? Gw, sebagai orang yang sudah menikah 5 tahun (belum ada apa2nya emang, tapi thank God bangetlah, bisa menjalani 5 tahun ini dengan James dan ada Joanna juga di antara kita), dengan tegas menyatakan, apa yang tertulis di majalah2 gaya hidup itu, basi semuanya. Gimana ya, contohnya aja gw dan James, udah hidup bersama2 selama 5 tahun, dari yang awal2nya senang2 pengantin muda ga ada beban, trus gw hamil, ngelahirin Joanna, trus kita berdua jadi ortu, trus hijrah ke Jepang ini...kalo mau jujur2an mah, sekarang gw ga ngerasain cinta menggebu2 yang bikin kita ga bisa tidur gitu, yang bikin kita jadi ga bisa mikirin hal lain lagi selain cinta. Ya tentu saja gw mencintai suami gw dan suami gw juga pastinya mencintai gw, tapi hubungan kita sekarang tuh lebih kayak teman, partner hidup dalam menjalani suka duka kehidupan. Gw yakin, sedikit banyak, pasangan yang telah menikah, pasti merasakan hal yang sama.

Nah, permasalahannya adalah, kita nih suka ga mau nerima kenyataan, bahwa kita telah menikah, ngga lagi dalam tahap pacaran. Kita suka ga ikhlas, bahwa masa2 pacaran itu udah lewat, sekarang nih kita ga bisa hanya ngandalin cinta aja, kita butuh komitmen, kompromi, kesetiaan dan tanggungjawab untuk menjaga bahtera rumah tangga. Sayangnya, kita suka salah kaprah, bahwa kalo udah ga ada cinta menggebu2 lagi dengan pasangan kita, itu berarti kita udah beku sama dia, udah ga cocok lagi sama dia, dan udah saatnya kita nyari2 lagi yang baru (padahal kita udah menikah). Dan, akhirnya, entah gimana, entah bagaimana, tau2 aja kita kenalan dengan laki2/perempuan lain, menjalin hubungan, dan tidak terasa, tau2 kita telah masuk dalam hubungan perselingkuhan. Gw rasa, itu juga tuh yang terjadi sama pasangan2 artis ibukota. Anang-Kris Dayanti, pas awal nikah, gilaaaaaaaaa.....gembar gembor cinta banget, kan mereka? Inget banget gw dengan album mereka pas jaman mereka masih pengantin baru,

"Cintailah diriku untuk selamanya, milikilah diriku untuk selamanya, hapuslah semua rasa curiga, hapuslah semua rasa tak percaya...di antara kita..."

(Sumpah gw bukan penggemar Anang-Kris Dayanti, tapi kalo gw yang bukan penggemar aja sampe hapal nih syair lagu, berarti emang edan banget kan gembar gembor cinta mereka di kala awal mereka menikah?)

Tapi, lihatlah apa yang terjadi 10 tahunan lebih kemudian. Bercerailah mereka. Dan itu diduga keras, karena Kris Dayanti, berhubungan dengan laki2 lain bernama Raul Lemos (bener ya ini namanya?). Gw pikir si Raul ganteng, ternyata, my oh my, ngga banget deh. Tapi kalo menurut Kris Dayanti mah, tatapan mata Raul lembut banget (hahhhhh? susah, orang lagi jatuh cinta mah). Satu pernyataan menarik dari Kris Dayanti tentang Raul adalah : "Raul membuat saya jatuh cinta lagi". Waktu gw ngedenger Kris Dayanti ngomong gini (huehehehe, gw nonton di youtube setelah dimarah2in Shandeeee...pulang ke rumah, nyari hiburannya mantengin infotainment Indonesia, hahaha), langsung terbersit di otak gw gini, "What a pitty deh lu, Kris Dayanti. Perasaan aja elu pentingin. Coba deh, ntar kalo beneran akhirnya elu nikah sama Raul...taruhlah, 5 tahun kemudian dari sekarang, bisa ga elu masih bilang, Raul membuat saya jatuh cinta lagi?".  Karena, perasaan manusia itu sebenarnya sangat labil, mudah berubah2 dan ngga absolut, maka memutuskan hubungan dengan suami atau istri, dan berpindah pada laki2 atau perempuan lain, hanya karena masalah laki2 atau perempuan lain ini membuat saya jatuh cinta lagi....menurut gw, itu bukanlah alasan yang kuat.

Tentu saja selingkuh itu indah. Ya, karena di situ tidak ada tanggungjawab, tidak ada ikatan sebagai suami, istri, ayah atau ibu, tidak ada beban kehidupan yang harus kita pikirkan. Hubungan perselingkuhan itu seperti tempat pelarian sesaat dari rutinitas sehari2 yang kerap kali menjemukan. Di dalam hubungan tanpa tanggungjawab ini, kita dapat menemukan ego kita diangkat, keakuan kita dipuja, dan kita adalah pemeran utama di dalam dunia yang kita ciptakan sendiri itu. Dunia yang sempit dan eksklusif, karena isinya hanya kita dan sang selingkuhan. Namun, benarkah ini indah?

Untuk sesaat, mungkin iya, selingkuh itu indah. Tapi, sebenarnya, adalah sangat berbahaya, melandaskan hidup pada perasaan semata. Karena, perasaan manusia itu sangat2 labil. Hari ini bilang cinta, besok bilang benci, besoknya ga tau lagi bilang apa.

Tentu terserah2 aja, siapa pun silakan aja selingkuh, siapapun silakan aja kawin cerai, gw ga punya hak untuk melarang. Emang siapa gw? Hanya, kalo gw pribadi, berprinsip, gw udah memutuskan untuk menikah dan menghabiskam sisa hidup gw dengan suami gw. Setelah 5 tahun menikah, memang gw ga ngerasain cinta menggebu2 ala orang pacaran, tapi itu ngga masalah untuk gw. Gw juga ga akan maksa James untuk beli2in gw hadiah-lah, kasih kejutan-lah, candle light dinner  di tepi danau-lah, dan sejenis2nya itu. Gw mencintai suami gw, dan suami gw juga pastinya mencintai gw, dengan cara yang sederhana dan terjawantahkan dalam keseharian. Bukan yang bombastis kayak di majalah2 gaya hidup itu. Ya udah, santai ajalah, beres kan. James tuh pernah bilang, orang2 tuh suka ga mau nerima kenyataan. Namanya nikah ya pasti beda sama pas masih pacaran. Makanya, ketika mendapati pasangan hidup ngga sama kayak pas pacaran, langsung aja jadi mutung dan mulai nyari2 yang lain. Padahal, ya jelas2 bedalah, ga bisa disamain, nikah dan pacaran. Kenapa sih, ngga diterima aja, bahwa pernikahan tuh ngga selalu yang romnatis2an, tapi tidak adanya situasi2 romantis itu kan bukan berarti kita ga saling mencintai?

Iya, itu bener banget sih menurut gw. Justru ngeri, kalo udah nikah, tapi masih mengedepankan romantisme di atas segalanya. Seolah kita ingin terus hidup dalam mimpi dan merasa gamang ketika melihat kenyataan tidaklah seperti itu.

Memang, jika pasangan mengopresi kita, entah itu melakukan KDRT, atau marital rape, atau hal2 lain semacam itu, yang bikin pernikahan ga bisa dipertahankan, ya itu wajar kalo akhirnya kita nyari "pelarian" ke laki-laki atau perempuan lain. Tapi, kalo alasannya itu kayak Kris Dayanti? Hmmm, I doubt it.

Selingkuh itu indah...benarkah? Iya, benar, jika memang kita, manusia2 yang telah menikah ini, ingin terus2an hidup dalam mimpi dan tidak mau bangun mengalami kehidupan nyata. Pertanyaannya adalah : jika memang tidak mau mengalami hidup nyata, untuk apa kita memutuskan untuk menikah?

1 comment:

  1. cool post!!!!..I wish ,if u dont mind,please visit my blog on movielovie1.blogspot.com...I hope we can share bout life....sista!salam kenal...:)

    ReplyDelete