Tuesday, August 17, 2010

What makes us a human? A story that we tell

Kayaknya favorit banget gitu ya gw sama kata-kata ini. Kata-kata yang diucapkan Prof Capo di kelas (hiks! sekarang beliau udah kembali ke Amrik). Tau, gw ngerasa banyak aja yang bisa diambil dari nih kata-kata. Begitu denger aja langsung tek! di hati gw.

Karena emang dasarnya suka tengil2an merenung, setelah mendengar kata-kata ini, sepulang kuliah, gw jadi mikirin nih dalemnya kata-kata. Trus sok2an menghubung2kannya dengan kehidupan gw, dan fenomena yang terjadi di sekitar gw (tsaaaaaaah....). Yeahhhh....what makes us a human? A story that we tell...bener banget2!!!!!! Sebenernya Prof Capo tuh ngomong gini dalam rangka ngasih tau kalo karya sastra tuh sebenernya gambaran realita kisah hidup manusia. Iya, emang fiksi sih, tapi itu fiksi based on experience, ga mungkin deh ga ada trigger, trus tau2 muncul tuh karya sastra. Minimal, karya tersebut akhirnya ada, karena pengalaman pengarang, impian ga kesampaian si pengarang, atau cerita temannya si pengarang, dll. Soalnya, namanya manusia, ya selalu aja punya cerita untuk dibagikan, kan? Semestinya sih begitu.

Nahhhhhh fenomena yang sering gw liat mah, ada orang-orang yang menghindari untuk memiliki cerita dalam hidupnya. Entah karena itu takut, ga berani keluar dari zona nyaman, ga berani melihat dunia. Akhirnya, hidupnya ngga jadi sebuah cerita, tapi hanya sebuah rutinitas aja. Seperti danau tenang yang tak berombak sedikit pun. Nyaman sih pasti, tapi membosankan.

Ada juga, orang-orang yang punya pemikiran, bahwa cerita hidupnya tuh mesti yang bagus-bagus. Kalo ada kegagalan atau ketidaksempurnaan, ga boleh diceritain, harus ditutupin. Tapi tau ga sih, sebenernya, cerita kegagalan yang justru lebih sering menginspirasi, daripada kisah putri raja bergelimang harta, yang hidupnya ngga pernah nginjek tanah (bukan hantu, hahahahaha....). Si Ken De, sobat gw, pernah bilang, dia tuh sebel sama tulisan-tulisan rohani yang terlalu alim dan idealis. Sama, setuju seratus persen, gw juga sebel abis sama tulisan model gitu. Bukannya ngajak orang untuk ngga mengikuti kaidah Kitab Suci....tapi kadang kala, tulisan rohani yang terlalu goody goody, bikin kita ngerasa lagi diajak ngomong sama makhluk lain (lagi-lagi ini bukan setan), maksudnya, kita kayak ga ngerasa berdialog sama sesama manusia dengan segala kelemahannya. Ohya, tulisan rohani ini, ngga melulu mesti berisi ayat-ayat Kitab Suci. Tapi, ambillah contoh yang dekat dengan keseharian gw, misalnya motherhood. Terus terang aja, gw mah sebel banget, kalo nemuin tulisan kayak gini : "semuanya kan demi anak, jeng, berkorban ya, yang paling penting adalah keutuhan keluarga. Lebih baik tidak bekerja, nanti waktu untuk anak akan berkurang". Atau..."selalu positive thinking, jangan pandang negatif orang-orang di sekeliling kamu. Itu ngga baik lho, kita kan harus saling mengasihi..." Iyaaaaa, iyaaaaaaa.....gw tau, kalo bekerja, waktu untuk anak akan berkurang, trus kita juga emang mesti banget saling mengasihi....cuma, bete ga sih lu, "diguruin" kayak gitu, sedang hati manusia kita sedang berteriak-teriak pengen egois, pengen mikirin kesenangan sendiri, pengen nimpuk orang yang ngeselin kita....aduuuuh kenapa sih ada segelintir orang yang ga mau ngakuin bahwa manusia tuh ya hakekatnya kayak gini ini....ngga melulu selalu jadi malaikat goody-goody, ga melulu semuanya bisa dilihat dengan perbandingan hitam dan putih, ngga nyadar bahwa segala persoalan manusia tuh justru paling banyak bergeraknya tuh ya di ranah abu-abu...karena manusia kan pada dasarnya makhluk yang paradoks, bukan?

Menurut gw, tulisan yang bisa menginspirasi itu, justru tulisan yang jujur, apa adanya, down to earth dan menangkap dengan lembut, hal-hal mikro yang terabaikan dan tidak dapat diungkapkan dalam kehidupan sehari-hari bermasyarakat. Namanya aja hidup, udah pasti banyak masalah, nah kita kan justru nyari orang yang punya masalah juga kan, biar berasa senasib sepenanggungan, bukannya nyari tipe-tipe malaikat yang cuma ngeliatin kita aja dari atas dan menghujani kita dengan segudang kata-kata rohani atau kata-kata idealis, tul ga?Please deh, be real aja, we are an ordinary human being, we struggle with different kind of emotions and problems everyday, we ask God for helping us, we try to obey Him...but sometimes, even many times, we fall, because : we are an ordinary human being. Bukannya membenarkan diri untuk terus hidup dalam kegagalan dan ngga mau bangkit lagi, tapi menurut gw mah, yang ga pernah gagal, ya hanya Tuhan, makanya, terima ajalah dulu hakekat manusia sebagai makhluk yang jatuh bangun setiap harinya, jujurlah akui keberadaan diri yang penuh kekurangan dan banyak kekonyolan ini, dan berceritalah secara jujur pada setiap orang yang emang mau lu bagiin ceritanya. Jangan karena kita ingin hidup kita kelihatannya sempurna trus, maka kita jadi menghindar dan menutup diri dari segala kesempatan untuk  menjadi orang yang lebih baik lagi, meski untuk menggapai hal tersebut, so pasti banyak tantangan dan ujian yang mesti kita lewati, yang membuat cerita hidup kita tidak selalu sempurna. Yeahhhh....to be a better person itu bukan sesuatu yang didapat secara instan, bukan? Butuh proses, dan proses itu akan berlangsung seumur hidup. Itulah yang disebut pembelajaran.

Si Ria, adik gw, kan bakal mulai kuliah tuh minggu depan. Kuliah S2 di IPB. Namanya mau menghadapi tantangan baru, ya pasti ngga gampanglah. Yeahhhh...seperti yang elu bilang, Rip, so pasti, kita juga tau sama tau, bahwa lebih enak ngegym, nyantai di rumah, nonton DVD, makan indomie...daripada capek-capek ke Dermaga untuk kuliah, trus pulang ngerjain tugas, plus masih juga berjibaku ngurus CK. Untuk CK juga so pasti enakan ibunya selalu ada 24 jam untuk mereka, siap sedia melayani segala keperluan. Itu pasti akan mendatangkan rasa aman untuk mereka. Ya, nyaman abis emang itu Rip, tapi pertanyaannya, kalau kita hanya mengulang rangkaian kegiatan seperti itu setiap harinya, akan punya ceritakah kita untuk dibagikan? Kita ntar jadinya hanya bisa dengar cerita orang lain, atau ngarang-ngarang cerita, sehingga ngga real, dan kehidupan akan menjadi sesuatu yang berjarak dengan kita, karena kita tidak terjun ke dalam kehidupan tersebut. Jadi sih, gw yakin sejuta persen, elu udah ada di jalur yang benar. Bagi setiap orang yang mau maju, akan selalu ada jalannya, meski ngga akan gampang.

Sekali lagi, ini gw bukan menyatakan bahwa orang yang sehari-harinya kebanyakan diam di rumah itu ngga mau maju. Ngga sama sekali. Orang kantoran, orang lapangan pun, kalo udah keenakan di posisinya, jadi lengah, trus akhirnya menjalani hidup, ya kayak rutinitas biasa aja. Apapun yang sedang kita jalani saat ini, meski tertatih-tatih, terus arahkan langkah ke depan, beranikan diri untuk punya cerita, dan sekecil apapun itu, majulah, majulah, dan terus majulah. Istirahat, rehat sejenak, ngga apa-apa, asal jangan terlalu lama, karena apa-apa yang terlalu itu, tidak baik, bukan? Demikian juga, dalam berjuang pun, jangan terlalu dipaksain. Seperti yang Papa selalu bilang : berjuang boleh, tapi harus enjoy life. Makanya, karena gw nih anak yang sangat mendengarkan kata-kata orang tua, maka setelah menyelesaikan setengah makalah akhir semester gw, tadi gw langsung meluncur ke Mr. Donut (bersama J dan J), untuk...ya makan donut-lah! (masa untuk pup? itu mah Jojo. Selalu pengen pup di tempat-tempat umum : sorry, jorok dan terlalu melenceng).

Kadang tuh gw juga suka sedikit bingung dengan diri gw sendiri, dengan keterdamparan gw di Jepang ini (bukan keterdamparan, tapi gw yang mendamparkan diri, ohhhh bertanggungjawablah kau terhadap keputusan yang telah diambil!). Iya, orang "normal" pasti mikirnya, ngapain coba gw nambah2in masalah, udah cukup nyaman hidup di Indonesia, James juga punya kerjaan yang cukup bagus...ehhhh malah ninggalin itu semua dan datang merantau ke Jepang, untuk menuntut ilmu, bawa anak dan suami, pula. Trus, apakah karena gw udah sok2an pengen mencerdaskan diri, nah trus Tuhan langsung memberkati gw dengan kesuksesan tiada tara? Ngga sama sekali tuh, man. Yang gw dapati di sini, adalah kehidupan yang tidak nyaman dan dalam segala tingkatan, jauh lebih susah daripada hidup nyantai gw di Indonesia. Di Indonesia, mana pernah gw sampe terkencing-kencing ketakutan kalo mau ngikutin kuliah, mana pernah gw ngabisin waktu enam jam hanya untuk mengerjakan makalah empat halaman, mana pernah gw dikata-katain dosen, dibilang kacangan, mana pernah juga gw kesulitan secara ekonomi, mana pernah gw ngerasain paitnya omongan masyarakat yang ngata-ngatain status suami gw tercinta yang hingga saat ini belum mendapat pekerjaan, mana pernah juga gw tiap-tiap hari beres2 rumah, masak2 meski gw males, dan berpikir, bagaimana caranya agar ikan salmon (deuh, gaya, duafa tapi makannya salmon, btw, di jepang tuh salmon termasuk ikan murah lho) satu pak empat ekor, cukup untuk dua kali makan, jadi sekali masak dua salmon,dibagi untuk tiga orang, dan demi tetap mensuplai asupan gizi, tambahkanlah telor dadar! Yang gw tau, di Indonesia, tinggal minta asisten rumah tangga bikinin makanan, trus beres, gw tau terima jadi aja. Nyam nyam banget deh masa-masa itu mah!

Namun, menyesalkah gw dengan semua ini? Tidak. Gw bersyukur, saat ini gw berada dalam tahap banting tulang (untung belum ada yang patah, gariiiiiiiiiinnnnnnng!!!!!), sehingga, dengan segala kekonyolan dan kenorakannya, dengan segala kejujuran dan apa adanya, ada cerita yang bisa gw bagikan. Setidak sempurna apapun itu. Setidak gemerkap apapun itu.

What makes us a human? A story that we tell. Let us be a human, let us have our own story. Because by experiencing life to the deepest, we live our life to the fullest.

No comments:

Post a Comment