Sunday, August 15, 2010

Sebelum ada internet...

Kayaknya internet tuh udah sebuah kebutuhan untuk manusia modern. Yaaaaa....dengan maraknya situs-situs persahabatan kayak FB, trus blog-blog, bla bla bla....kayaknya orang kalo mau get connected, mau ga mau akan menggunakan internet. Maklum deh, manusia abad 21, udah super sibuk dengan segala aktivitas, sehingga hanya lewat dunia maya, mereka bisa rehat sejenak dan mengendurkan urat syaraf....iya, praktis sih, tapi kalo ga dibatasin, akhirnya bisa kebablasan jadi budak teknologi, bener ga?

Coba deh. Udah mata ngantuk, liat FB, mata jadi ceunghar...alias seger lagi. Ngantuk pun ilang. Baca-baca blog, ga kerasa, tau-tau lewat aja dua jam. Gw juga, kalo Joanna udah tidur,  biasanya mah langsung buka laptop, ngeFB, nulis notes, atau baca-baca blog trus kebiasaan baru nihhhh...nulis blog, secara sekarang gw baru aja punya blog, hahahahaha....ngga kerasa, waktu abiiis aja dua jam.....niatnya mau ngerjain makalah, jadi ketunda, eh terus besoknya ngeluh2 ga ada waktu, padahal kenapa coba ga dikerjain pas jojo tidur?Tapi ya itulah manusia, selalu punya alasan untuk menikmati kesenangan dan menomorduakan kewajiban....that's the sign of ordinary human being, kan?

Kuncinya tuh, menyitir kata-kata KH Zainudin MZ, ya pengendalian diri-lah. Teknologi tersedia, tapi adalah pilihan kita, kapan mau menggunakannya. Sebuah wacana yang terdengar sangat idealis dan rasanya mustahil untuk dikerjakan, di tengah tawaran segudang feature2 teknologi yang menggiurkan...

Gw jadi inget,pas jaman gw SMP SMA, saat belum ada tuh yang namanya FB, blog, bahkan handphone. Nelepon juga pake telepon koin, punya kartu telepon aja berasa keren. Boro-boro deh punya alamat email, buka situs yahoo aja kagak tau caranya gimana. Gw nyari hiburannya gimana? Ya nonton TV, nulis diary...dan yang paling sering mah, baca buku. Enid Blyton abis gw lahap semua jaman gw SMP, trus mulai keranjingan Agatha Christie, gw baca-bacain deh tuh serial misterinya, tergila-gila gw sama Hercule Poirot. Jaman SMA, mulai suka Marga T, langsung aja gw bacain tuh semua karya-karyanya, semalam juga abis deh, novel setebal 300 halaman. Masuk kuliah, mulai sok-sok'an baca buku rada-rada berat seperti karya-karya Pramoedya Ananta Toer. Tetralogi Buru, Gadis Pantai, Mida si manis bergigi emas..trus karya-karya Ayu Utami n Dewi Lestari juga gw bacain semua. Cuma, ga tau sejak kapan, tau-tau gw jadi ga sering pegang novel lagi, karena pengisi waktu luang tuh ya nongkrongin laptop. Kayaknya sejak Joanna lahir deh, jadi males baca buku, bawaan maunya tidur trus, kalo ga tidur ya ngeFB. Sekarang sih karena ceritanya nih gw mahasiswa sastra, ya mau ga mau mesti pegang buku, mesti baca novel, naskah drama, puisi, dll, tapi sering kali, karena ngerasa udah beban mesti mikir, mesti nganalisis, bacanya jadi ngga fun lagi, ngga nikmat lagi. Sangat disayangkan, fenomena seperti ini terjadi pada gw.

Dulu sih, tiap malam, sebelum tidur, pasti gw baca buku dulu. Sekarang, sebelum tidur ya ngeFB, ngeblog, trus udahhhhh jaaaaah, ga pegang-pegang buku lagi, langsung tidur. Kayaknya kebiasaan ini harusdiubah. Kalo sebelum tidur, mesti nyediain waktu untuk baca buku, seperti jaman dahulu itu....jadi waktu ga melulu abis untuk internetan.

Oke deh, aku mulai niat muliaku malam ini...(kemarin udah mulai sih). si James udah ngata2in abis, katanya, ga mungkin bisa, kita ga akan bisa hidup tanpa inet...sok wae, ledek aja gw terus...kayak pas gw mau mulai diet...tau-tau sukses (meski sekarang udah melambung lagi nih), mingkem kan dia? Males ngedebat, mending liat aja deh buktinya....

Karena ntar malam mau isi waktu dengan baca buku, so...mesti sekarang balas email si Ria. Tuh anak lagi pundung, emang tuh kampus rese gila, asli! rada belagu tuh...bweeeeee...oke, Rip, tunggulah balasan emailku...akan kuketik sekarang....

No comments:

Post a Comment