Tuesday, November 30, 2010

Dari M butterfly

Nih "oleh-oleh" dari M. butterfly, itu tuh film yang akhirnya gw tonton untuk tugas kuliah gw :

"Remember, that the days I spent with you are the only days I truly exist"
(Sohn lingling on M. Butterfly)

Maaaaaaak.......daleeeeeeem banget, sumpah.....tadinya gw ogah2an nonton muhamad butterfly ini, tapi karena tugas kuliah, ya gw tonton juga, ternyata bagus juga, bikin gw mikir, mesti ada beberapa hal yang menurut gw ga masuk akal sih.

Ceritanya tentang diplomat Perancis, namanya Renee (lupa nama lengkapnya, diperankan Jeremy Irons, sumpah ganteng banget!)  ditugaskan ke Cina. Nah di Cina ini, dia ngeliat opera Cina, trus jatuh cinta sama pemeran utamanya yang ngelakonin opera "Madame Butterfly". Si Renee udah punya istri, tapi dia selingkuh sama Sohn lingling, si pemeran utama Opera Cina ini. Sampe mau cerai2 gitu sama istrinya, saking jatuh cintanya sama Sohn Lingling.

Tapi, biar selingkuh gitu, Sohn Lingling ga pernah mau kasih liat tubuh telanjangnya, katanya dia mau ngejaga kesucian sesuai budaya timur. Eng ing eng......ternyataaaa.....si sohn lingling ini cowok, dia tuh sebenernya spy yang mau tau informasi dari Perancis, makanya dia ngorek2 info dari renee (settingnya : Cina tahun 1960an kalo ga salah). Renee udah balik ke negaranya, dan kayaknya cerai sama istrinya (ga jelas tapi di film itu tau2 istri udah ga ada dan renee jatuh miskin gitu, akhirnya jadi tukang pos atau apalah sejenisnya itu), trus dia nonton lakon madame butterfly, keinget2 sama sohn lingling (saat itu belum tau sohn lingling itu cowok), berderai2 air matalah dia. Tau2 sohn lingling ngudak dia sampe Perancis, akhirnya ketemu dan renee ngajak dia nikah. Tapi tujuan sohn lingling sih sebenernya mau spy si renee lagi. Ketauan-lah akhirnya usaha2 spy ini, renee dianggap terlibat konspirasi spy, akhirnya dia dan sohn lingling didakwa dan dimasukin ke penjara. renee kaget mengetahui orang yang dicintainya selama bertahun2 itu adalah : cowok! Langsung ilfil dia, dan terakhirnya akhirnya : bunuh diri, sementara sohn lingling balik ke cina.
Yang bikin gw mikir : selama ini gw taunya manusia itu terbagi  cewek dan cowok aja. Tapi ga pernah mikir bahwa ternyata, jenis kelamin itu sifatnya cair banget, fluid banget, kapan kita mau jadi cewek, kapan kita mau cowok, sbenernya bisa, karena jadi cewek atau jadi cowok itu kayak melakonkan sebuah peran .

Dan Renee kecewa abis2an setelah mengetahui bahwa orang yang selama ini dia cintai ternyata sesama jenisnya. Bahkan dia sampai bunuh diri. Berarti, cinta itu egois kan, kita menggambarkan orang lain yang jadi obyek cinta kita itu sesuai dengan idealisme kita, begitu idealisme kita terbakar, kita bisa langsung ngga mencintainya. So, apakah itu cinta sejati?

Tentu aja, jangan bawa2 kaidah2 agama dalam pembicaraan ini. Soalnya, ya pasti deadlock. 
Sorry, pagi2 udah ngajak mikir yang nyeleneh2.

gw suka film M butterfly!!!!!! (M itu konon, maksudnya bisa : miss, mrs, ataupun mr.)

No comments:

Post a Comment